New Google Nexus 7, Generasi Kedua yang Lebih Murah

Melakukan pembenahan soal dapur pacu, seri teranyar Nexus 7 siap menyapa konsumen Juli mendatang. Tablet Android ini dipercaya punya kekuatan soal daya tahan.

Ranap Simanjuntak

Nexus 7Google makin serius menggarap tablet kelas low end. Menggandeng perusahaan komputer asal Taiwan AsusTek sebagai produsen kini hadir Google Nexus 7. Produk ini dipercaya akanmenjadi pesaing kuat iPad besutan Appple dan tablet yang sama-sama berukuran 7 inci, yakni Kindle Fire buatan Amazon atau Galaxy Tab yang dirilis Samsung.

Karena menginginkan harga yang lebih murah, maka Google melakukan pembaruan dengan penukaran pada bagian otak. Tak seperti Nexus 7 lama yang menggunakan prosesor Tegra 3 dari NVIDIA, versi terbarunya menyandang prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Google melansir perubahan ini dengan alasan chip dari Qualcomm lebih bertenaga.

Harga tablet Android ini pun turun menjadiUS$ 199, bila dibandingkan banderol Nexus 7 lama, yakni US$ 249.Pasar tampaknya bakal melirik produk ini karena terbilang lebih kecil bila dibandingkan iPad buatan Apple yang berukuran sekitar 10 inci.Google sendiri akan melepas Nexus 7 generasi kedua ini pada Juli mendatang.

Pada versi ini akan disematkan resolusi layar yang lebih tinggi, dengan desain bezel yang lebih tipis dari kekuatan lama display IPS 7inci dengan unit prosesor grafis GeForce 12-coreresolusi 1280x800dan kepadatan piksel 216 piksel per inci.

Di sisi lain, tablet pertama yang menjalankan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dengan kapasitas RAM 1GB menyematkanviewing angle sebesar 178 derajat pada kamera 1,2 megapixel di bagian depan.Sayangnya, tak ada kamera belakang untukrobot hijau sebagai tablet PC canggih tersebut.  “Sudah selalu menjadi tujuan program Nexus untuk menyediakan pengalaman terbaik. Kami ingin merancang kenikmatan pengalaman penggunaan Google terbaik,” ujar Direktur Managemen Produk Google, Hugo Barra dikutip dari dailymail.co.uk.

Sementara kapasitas penyimpanan hadir dalam dua opsi16 GB atau 32 GB senilai US$249. Keunggulan lain terletak pada daya tahan baterai berkapasitas 4325mAh yang diklaim memiliki daya tahan baterai 9 jam ketika digunakan untuk memainkan video.

Dengan adanya 600.000 aplikasi Android pada toko konten Google, maka perusahaan itu sebisa mungkin menjual pada Google Play Store. Meski begitu, juga akan dilelang pada toko-toko tertentu seperti Apple Store atau sejenisnya.

Chief Google Android Andy Rubin mengungkapkan, ketika tablet dijual di Google Play Store, masih ada marjin keuntungan yang bisa diambil serta bisa menekan biaya-biaya yang tidak perlu. Sebab, selama ini memang pendapatan Google berasal dari online advertising. “Ini adalah strategi zero margin, 97% pendapatan Google datang dari iklan, sehingga mereka perlu menjual lebih banyak lagi perangkat mobile untuk mendapat lebih banyak konsumen,” ujar analis Fubon Securities, Arthur Liao.

Lebih Kuat

Nexus 7 sejatinya menjadi pesaing terberat iPad buatan Apple. Pada kesempatan lalu, sebuah perusahaan penyedia layanan garansi elektronik, Square Trade mengadakan uji ketahanan terhadap dua produk tablet populer ini.

Ujian pertama soal tahan banting. Dua produk ini dilempar dari ketinggian bahu manusia. Hasilnya? Ternyata iPad mendapatkan cacat berupa goresan dan layarnya juga retak. Sedangkan Nexus 7 hanya tergores sedikit di bagian belakang. Begitu pula saat ujian banting dari ketinggian meja. Nexus 7 lebih unggul dengan jumlah goresan yang lebih sedikit dibandingkan iPad.

Lalu, Square Trade menenggelamkan Nexus 7 dan iPad ke dalam bak mandi yang berisi air saat keduanya sama-sama dalam posisi memutar lagu. Sehabis dicelupkan ke dalam bak selama beberapa saat,Nexus 7 sama sekali tidak mengalami perbedaan fungsi alias normal. Musik pun masih mengalun.

Di sisi lain, kondisi iPad tak jauh beda. Fungsi layar sentuh masih normal. Tapi, suara lagu sudah tidak terdengar lagi. Tentunya ini membuat Nexus 7 punya keunggulan soal daya tahan.

Ekosistem yang Hilang

Analis NPD DisplaySearch Richard Sim memperkirakan tablet ini akan diproduksi sekitar 2 juta unit. Namun Google sedniri masih punya pekerjaan rumah karena tidak memiliki ekosistem yang baik, seperti yang dibangun oleh Apple, khususnya dalam hal konten dan aplikasi yang bisa dibeli di App Store-nya. Kondisi ini akan memberi pengguna pengalaman memakai tablet yang luar biasa.”Itu (ekosistem) adalah bagian yang hilang dari kami,” aku Andy Rubin.

Spesifikasi Nexus 7:

Overview : 2G Network N/A

Dimensi :   198.5 x 120 x 10.5 mm

Berat : 340 g

Display : Type LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Size 800 x 1280 pixels, 7.0 inches

Loudspeaker : 3.5mm jack

Video : 720p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s