Kejutan Samsung Bernama Tizen

samsung tizen Samsung yang mendominasi pasar global kini menelurkan sistem operasi teranyar bernama Tizen. Hal ini membuat Google ketar-ketir. Di sisi lain, ada dua sistem operasi lain meramaikan persaingan pasar ponsel.

Ranap Simanjuntak

Bukan main seriusnya Samsung menggarap ponsel kelas high end. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini bakal meluncurkan ponsel cerdas berbasis sistem operasi baru bernama Tizen. Padahal, baru saja mereka merilis Galaxy S IV dengan berbagai kecanggihan seperti fitur pendeteksi pergerakan mata. Serta, akan meluncurkan Galaxy Note 3 dengan mengusung layar fleksibel anti pecah, menggantikan kedigdayaan Galaxy Note 2.

Dari lansiran TheVerge, Wakil Presiden Eksekutif Samsung, Lee Young-Hee menyebut smartphone berbasis Tizen pada kuartal ketiga, antara Agustus atau September mendatang. “Ponsel Tizen akan menjadi tonggak sangat penting. Itu adalah produk terbaik yang dilengkapi dengan spesifikasi terbaik,” jelas Lee.

Lee pun memberi isyarat platform software ini menjadi produk isimewa. Ini bisa menjadi partner sekaligus pesaing berat si robot hijau. Bahkan, Samsung akan menelurkannya dalam beberapa seri ponsel. “Kami berharap bisa membawa sistem operasi Tizen untuk perangkat kategori menengah ke bawah kelak,” tambahnya.samsung tizen 2

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation yang dipastikan menjadi pilihan lain dari sistem operasi yang sukses sebelumnya seperti Apple iOS, Google Android, RIM BlackBerry, dan Microsoft Windows Phone. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux.

Ada penggabungan sejumlah modul seperti manajemen jaringan dari MeeGo proyek pada Tizen. Hasilnya merupakan kombinasi dari operasi sistem mobile Moblin yang diciptakan oleh Intel dan Maemo yang diciptakan oleh Nokia.

Selain itu, Tizen sendiri akan dirancang untuk digunakan dalam tablet, netbook, smartphone, Smart TV, GPS dan perangkat lainnya. Software development kit Tizen sudah diterbitkan oleh Samsung. Namun, hal tersebut masih pada pembatasan lisensi proprietary. Juga, termasuk web lingkungan pengembangan terintegrasi, kompilasi toolchain, contoh kode, emulator dan dokumentasi. samsung tizen 3

Apa sebenarnya kelebihan sistem operasi anyar ini? Secara akumulasi terletak pada dukungan HTML5 yang bisa dibilang terbaik. Lalu, mampu menampung banyak aplikasi lapisan kompatibilitas yang akan memungkinkan perangkat untuk menjalankan aplikasi yang dikembangkan untuk sistes operasi lain seperti Android.

Dengan begitu, Tizen mampu menjalankan aplikasi Android berkat sebuah program yang disebut Application Compatibility Layer (ACL). Open Mobile selaku perusahaan motor penggerak ACL mengklaim aplikasi Android akan dapat dijalankan pada perangkat berplatform Tizen dengan kompatibilitas 100% dan menampilkan respon pengguna yang sama seperti pada perangkat Android sebenarnya.

Tizen sejatinya membawa harapan menjadi proyek yang sukses, karena diperkirakan lebih disukai para pengembang untuk layanan aplikasi dan layanan Mobile. Selain itu diprediksi akan menjadi OS andalan dari beberapa perangkat khususnya Smartphone dan Tablet. samsung tizen 4

Makin panas

Hubungan Samsung dan Google akhir-akhir ini semakin panas. Google yang menjadi pimpinan dalam konsorsium Open Handset Alliance (OHA) yang beranggotakan 84 perusahaan dalam memasarkan Andoid lagi was-was. Robot hijau yang dia buat meski sudah menjelma menjadi sistem operasi paling handal teknologi dewasa ini dihantui hantu bagi-bagi kue.

Dengan memakai sistem operasi terbuka milik Google ini, Samsung menjadi raksasa mobile. Tahun lalu saja, produk mereka menguasai hingga 40% pasar smartphone global. Samsung dengan mudah mampu menjual puluhan juta unit hanya dalam hitungan kuartal saja. Hal ini membawa kekhawatiran bagi Google kalau Samsung yang selama ini mendapat bagian 10% dari penghasilan iklan mobile Google akan minta jatah lebih besar.

Di samping itu, Samsung juga gregetan dengan akuisisi Google atas Motorola Mobility. Beberapa produsen Android menilai Google akan member tempat lebih besar buat Motorola dalam industri ponsel pintar Android. Nah cara Samsung mendukung proyek Tizen ini disebut-sebut sebagai upaya agar tak bergantung sepenuhnya pada Android.

Samsung kemudian bergabung dalam proyek besar organisasi Linux Foundation setelah operator seluler Sprint Nextel asal AS dan raksasa teknologi otomotif Automotive Grade Linux Workgroup turut bergabung. Pada Juni 2012, Samsung menyatakan bergabung dengan Linux Foundation dan langsung menjadi donatur tingkat Platinum sebagai level tertinggi dalam struktur keanggotaan. Samsung dalam hal ini, diwajibkan donasi US$ 500 ribu per tahun. Karena itu, persaingan Google dan Samsung kian sengit.

Tandingan Lain

          Tahun ini, selain Tizen juga hadir dua sistem operasi operasi mobile open source baru selain Andoid, yakni Firefox OS, dan Ubuntu. Mereka akan memperebutkan tiket menjadi pengganti robot hijau.

samsung tizen 5 Secara ringkas, Firefox OS dikembangkan Mozilla Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang menciptakan perangkat lunak peramban (browser). Ia merupakan penamaan ulang dari proyek “Boot to Gecko” (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka dari Mozilla. Firefox OS diungkapkan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka.

Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan juga dengan teknologi HTML5. Sejauh ini dua produsen ponsel asal China ZTE dan TCL menyatakan sanggup membuat ponsel dengan sistem operasi dibalut prosesor Snapdragon dari Qualcomm yang juga akan rilis tahun ini.

Sedangkan Ubuntu yang juga dibangun dengan kernel Linux dirancang buat gadget pada perangkat dengan prosesor berarsitektur ARM dan X86. Kabarnya akan ada tambahan Application Programming Interface (API) guna membujuk para pengembang dan diluncurkan akhir tahun. Namun, Ubuntu beda kelas karena menargetkan lebih banyak segmen pasar kelas menengah ke bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s