Samsung Galaxy S4, Primadona Baru Ponsel High End

Menggunakan fitur-fitur terbaru, ponsel anyar ini diprediksi menjadi primadona baru kelas high end. Bisa dioperasikan lewat pandangan mata serta dilengkapi alat pendeteksi kesehatan.

Ranap Simanjuntak

Produsen mie asal Korea Selatan yang kini menjadi raksasa teknologi, Samsung terus  menancapkan taring dalam pembuatan gadget. Kali ini, muncul generasi baru ponsel pintar bernama Samsung Galaxy S4 sebagai pengganti ponsel pintar yang disandang Galaxy S3. Samsung Galaxy S4

Sebagai produk flagship ini, tentu Samsung menjejali Galaxy S4 dengan aneka keunggulan. Peluncuran resminya sudah berlangsung dalam pameran bertajuk Samsung Unpackedakbar di Time Square New York, Amerika Serikat, Kamis pekan lalu.

Galaxy S 4 hadir dengan ukuran layar jauh lebih besar dari pendahulunya, yakni sebesar 4,99 inci. Selisih 0,2 inci dari pendahulunya Galaxy S3. Namun, bentuknya lebih tipis dan ringan dibandingkan Galaxy S3. Ponsel ini memiliki ketipisan 7.9mm, dan berat 130gram.

Menggunakan teknologi LITI (Laser-Induced Thermal Imaging), Samsung membuat layar AMOLED dengan piksel berbentuk heksagon dan berlian. Ditambah kemampuan grafis dengan chip PowerVR SGX 544 MP, kepadatan layarnya pun memukau, yakni mencapai  441ppi display dan mampu mendukung resolusi Full HD 1080p. Sebagai perbandingan, Galaxy S3 hanya memiliki kepadatan gambar 306 ppi, sementara iPhone 5 sendiri hanya 326 ppi. Samsung Galaxy S4 KETIGA

Beberapa analisis memeperhitungkan, produk ini akan diminati pasar dan akan tembus 10 juta unit dalam sebulan penjualan pertama. “Berdasarkan pemeriksaan kami dengan pemasok, Samsung telah melakukan pekerjaan yang signifikan untuk menjamin kelancaran pasokan dan tidak mengulangi apa yang harus mereka tangani pada saat-saat terakhir,” kata seorang analis di IBK Securities, Lee Seung-woo, seperti dikutip dari Reuters.

Untuk urusan prosesor, dapur pacu Galaxy S4 menggunakan dua model prosesor yang berbeda, disesuaikan dengan negara pemasaran. Di Amerika Serikat prosesornya menyandang Snapdragon S4 Pro, sedangkan di tempat lain menggunakan prossesor Exynos 1.6 GHz Octa-core atau 1.9 Ghz Quadcore Qualcomm.

Dengan menggunakan sistem operasi  4.2 jellybean ponsel ini punya pilihan memori internal 16GB, 32GB, hingga 64GB. Galaxy S4 juga didukung jaringan nirkabel WiFi, bluetooth 4.0, infra merah, 3G serta 4G LTE. Ketersediaannya akan disesuaikan dengan wilayah peredaran.

Samsung Galaxy S4 OHApa yang menjadi kelebihannya? Ada beragam fitur baru seperti Air Gesture yang Memungkinkan pengguna menggulir laman web atau gambar-gambar hanya lewat sapuan tangan, tanpa menyentuh layar. Cukup taruh jari tidak jauh dari layar, sapukan jari, kemudian layar secara otomatis akan berpindah. Atau, aplikasi IR dalam mengontrol sistem hiburan seperti TV, pemutar DVD, dan bahkan AC.

Selain itu, teknologi pada fitur ‘S Health’ ponsel ini bias berfungsi sebagai alat deteksi kesehatan. Dilengkapi pedometer, termometer, dan sensor kelembaban, alat ini membantu kondisi badan pengguna. Apalagi, ditambah aksesoris S-Band yang bisa memonitor denyut jantung. Informasi makanan saat olahraga seperti, kalori, jumlah langkah, dan rincian latihan harian bisa didapatkan dengan mudah. “Ini benar-benar akan membuat Galaxy S4 Anda menjadi pendamping aktivitas olah raga yang cocok seumur hidup,” ujar President Samsung Electronics, JK Shing.

Guna mengantisipasi keamanan, maka disematkan fitur Knox sebagai system penjamin agar data-data penting menjadi aman. Knox berfungsi memisahkan ruang telepon antara data pekerjaan dan pribadi. Dirancang bagi pebisnis, fitur keamanan Knox mengunci perangkat untuk menjaga dari ancaman program jahat  atau malware. Pada saat yang sama fitur ini menjaga pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengakses data pribadi. “Ini seperti memiliki dua ponsel dalam satu. Fitur keamanan ini membatasi urusan kantor dan pribadi,” tambah JK Shing.

Soal foto dan video, Galaxy S4 memanjakan konsumen dengan kamera bersensor 13MP dengan bukaan f/2.2 yang menghasilkan gambar dengan resolusi 4208 x 3120 pixel. Sedangkan kamera depannya bersensor 2MP. Kamera ini diklaim dapat mengambil gambar dengan cepat.

Di dalam kamera tersebut, ada fitur Shot, yang membuat kamera mereka lima detik audio sebelum memotret. Dengan modus Dual Camera, maka kedua kamera bisa mengambil gambar dan mengintegrasikan keduanya dalam satu adegan. Ditambah fitur Smart Pause yang akan menjeda video lewat pandangan. Ketika pengguna menatap atau melihat ke arah lain maka video yang ditonton untuk sementara berhenti (pause). Canggih bukan?

Sementara Smart Scroll akan menggerakan layar ke atas atau ke bawah saat Anda membaca email atau artikel di browser, yang secara cerdas mendeteksi pandangan mata ke layar. Saat membaca artikel pandangan mata berada di bagian akhir, maka aplikasi canggih ini secara otomatis akan menggulirkan layar ke bawah untuk menampilkan halaman selanjutnya.  Apalagi, semua pesan itu dapat diterjemahkan lewat fitur S Translator, terjemahan dalam 10 bahasa.

Belum cukup, Galaxy S4 mampu pula menyinkronkan lagu dan foto antar sesama pengguna Galaxy S4. Bagi penyuka game, ponsel ini menyediakan aksesoris tambahan multiplayer. Setidaknya suda ada dua game yang sudah mendukung fitur ini, yaitu Asphalt 7 dan Gun Bros 2. Kontroler game sendiri dilengkapi dengan dua stik analog, empat buah tombol pada bagian depan, dua buah tombol di bagian atas, dan D-Pad.

Untuk meraih sukses di pasar global, Galaxy S4 harus bersaing dengan ponsel Android lain sekelasnya, seperti Sony Xperia Z, HTC One, dan LG Nexus 4. Sebisa mungkin berusaha menandingi platform ponsel lainnya seperti Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920 yang berbasis Windows Phone 8, serta BlackBerry Z10 yang mengejutkan pasar dengan sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.

Lalu kapan Galaxy S4 masuk Indonesia? Gregory Lee, CEO Samsung wilayah Asia Tenggara mengungkapan, ponsel ini bakal dipasarkan untuk 155 negara dan 327 operator. Pemasarannya dilakukan secara simultan sehingga kemungkinan masuk tanah air pada akhir April mendatang. Soal harga sendiri, prediksinya akan dibanderol lebih mahal Rp1-2 juta di atas harga Galaxy S3.

 SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY S4

 Samsung Galaxy S4 SPESIFIKASI

Sistem Operasi : 4.2.2 JellyBean

Jaringan : GPRS, EDGE, HPSA, 3G, 4G LTE

Prosesor: Exynos 5 Octa 5410 (quad-core 1,6 GHz Cortex-A15 + quad core 1.2 GHz Cortex-A7, GPU PowerVR SGX 544MP3.

Di AS memakai Qualcomm Snapdragon S4 Pro (quad core 1,9 GHz) yang sudah mendukung LTE

Layar: Super AMOLED 4,99 inci, 1920×1080 (full-HD), 441 ppi, dilapis Corning Gorilla Glass 3

Konektivitas: micro-USB, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, infra-red, DLNA, WiFi, MHL.

Sensor: Accelerometer, gyro, proximity sensor, kompas, barometer, GPS

Dimensi: 136,6 x 69,8 x 7,9 mm

Baterai: Lithium-ion 2.600 mAh

Warna: White Frost (putih) dan Black Mist (hitam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s