Acer Liquid C1, Android Tenaga Atom

acer Mempersunting Intel, Acer merilis android tenaga atom. Dengan berbagai fitur menarik dan baterai tahan lama, harganya terbilang murah, yakni Rp 2,79 juta saja.

Ranap simanjuntak

Pesatnya pilihan beragam vendor dengan pilihan berbagai varian gadget tak menyurutkan niat Acer dalam meramaikan pasar ponsel. Baru-baru ini, sudah ada beberapa varian yang diluncurkan, yakni Liquid Z110, Liquid Gallant E350, dan Cloud Mobile S500.

Namun, hanya Acer Liquid C1 paling khas. Smartphone kelas high end, tapi kelas lebih murah ini menjadi salah satu pendatang terbaik pada ajang Mobile World Congress 2013 di Barcelona akhir Januari lalu. Berselang sebulan, tepatnya Rabu pekan lalu, pabrikan komputer dan gadget asal Taiwan itu sudah memoboyongnya ke Indonesia.

Liquid C1 merupakan android perkawinan silang antara Acer dan Intel. Perpaduan antara teknologi komputasi milik Acer dan cip buatan Intel membuat android ini lebih bertenaga. Juga, menyematkan predikat sebagai

smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Intel (Atom Z2420) single-core yang notabene menggunakan basis arsitektur x86. Hasilnya kecepatan maksimal kecepatan 1,2GHz.

Namun dengan teknologi Hyper-Threading yang menghadirkan dua jalur eksekusi, sehingga seolah-oleh ditenagai oleh prosesor dual-core. Sedangkan mesin grafis yangdisematkan Imagination Technology PowerVR SGX540 berbalut RAM sebesar 1 GB DDR2. Jadi, terasa cepat.

President Director Acer Indonesia, Jason Lim mengungkapkan, Acer Liquid C1 memang dirancang untuk negara-negara berkembang di kawasan Asia, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan India. Kehadiran ponsel ini guna memenuhi permintaan ponsel cerdas kelas menengah yang kian pesat.

“Saat ini kebutuhan kaum profesional semakin tinggi terhadap perangkat bergerak dengan performa tinggi dan daya tahan baterai yang lama. Acer Liquid C1 dengan prosesor Intel Atom menjawab kebutuhan mereka akan produktivitas sekaligus untuk hiburan,” jelasnya.

Memang soal ketahanan baterai Liquid C1 punya performa tinggi. Dengan bekal baterai 2,000 mAh, membuat ponsel ini bisa menyala selama hingga 9 jam pemakaian atau 400 jam waktu stand-by. Ponsel tablet ini memang teruntuk profesional super sibuk dalam menelepon, berselancar di Internet hingga main game sepanjang hari. Berkat penggunaan prosesor Intel Atom maka daya tahan baterai 18 persen lebih hemat.

Liquid C1 sendiri memiliki ukuran 127,3 x 65,5 x 10 mm dan berat 140 gram. Di mana pada bentang layar 4,3 inci tersebut mampu menyemburkan resolusi qHD dengan kerapatan 960×540 piksel teknologi IPS (In-Plane Switch). Apalagi, Acer membekali Liquid C1 dengan memori internal sebesar 4GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan eksternal hingga maksimal 32GB sehingga bisa menyimpan beragam file.

Menurut Wiswanathan, Chief Representative Intel Indonesia kehadiran Liquid C1membawa nuansa baru. “Hari ini adalah hari bersejarah bagi Intel dan Acer. Melalui kerja sama, kami menawarkan perangkat hebat melalui pengalaman menyenangkan seperti daya tahan baterai yang lama, grafik definisi tinggi untuk game dan video, kaya akan fitur kamera, dan kemampuan multi-tasking,” akunya. acer 2

Ya, soal kamera yang tersemat pada smartphone terbilang apik. Liquid C1 memakai kamera 8MP yang mempunyai fasilitas cukup lengkap seperti autofocus, LED, dan geo tagging. Ada kemampuanfitur kamera seperti fast launch dan burst shot hingga 5 frame per detik serta foto panorama, yang bisa dikirim secara instan melalui media sosial dengan kecepatan konektivitas 3G yang mencapai 21megabita per detik.

Acer mengklaim kamera pada smartphone ini sanggup merekam video hingga resolusi HD 1080p/30 fps. Kualitas ini sepertinya belum mampu merekam video dengan kualitas HD yang baik. Dan sayangnya, kamera sekunder yang dibenamkan juga termasuk rendah, yaitu hanya sekelas VGA. Tetapi, itu ditutupi dengan keunggulan kamera yang bisa digunakan untuk video chatting.

Kelemahan lainnya, pada sistem operasi. Untuk interfacenya, Liquid C1 hanya mengadopsi sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Acer sendiri berjanji akan melakukan pembenahan dalam waktu dengan atau diupgrade Jelly Bean. Toh dengan konektivitas jaringan HSDPA bisa menghasilkan internet lumayan cepat. “Tapi untuk kecepatan konektivitas tentu tergantung operator juga,” tambah Pre-sales Specialist Acer Indonesia Elvira Anggraeni.

Di sisi harga C1 ini akan membidik pasar smartphone menengah dengan banderol harga 2,79 juta. Sepertinya ponsel ini siap bersaing kuat dengan smartphone dikelas tersebut, seperti LG Optimus L9 dan Lumia 620. Ada penawaran khusus selama Mega Bazar Computer 2013 di pekan ini, yakni harga diskon pre-order menjadi Rp2,5 juta saja.

 

SPESIFIKASI ACER LIQUID C1 acer 3

CPU/Chipset      1.2 GHz / Intel Atom Z2420

Tipe :          CandyBar  IPS LCD, layar sentuh kapasitif multi sentuh, 16 juta warna

Ukuran :     540 x 960 pixel, 4.3 inci (256 ppi pixel density)

Ukuran/Berat :    127.3 x 65.5 x 10 mm (5.01 x 2.58 x 0.39 in) / 140 g

Alert :         Vibration, MP3, WAV ringtones

Koneksi :   Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot

Bluetooth : Ya, v2.1 dengan A2DP

USB/Port : microUSB v2.0

OS : Android v4.0 (Ice Cream Sandwich)

Koneksi : GPRS, EDGE, HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 2.1 with A2DP, microUSB v2.0

Radio : TBD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s