LG Optimus G Pro, Android Layar Lebar Kualitas Full HD

LG 2 Menyajikan kualitas video secara tinggi, ponsel ini punya dapur pacu canggih. Dengan bantuan kapasitas baterai besar, smartphone ini dipercaya bakal merajai pasar global.

Ranap Simanjuntak  

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics kian menancapkan kuku pada produk smartphone. Kali ini, mereka berhasrat menguasai pangsa pasar CDMA dengan mengusung LG Optimus G Pro. Sebab, penerus dari seri Optimus G (smartphone yang dijadikan model untuk Google Nexus 4) ini memiliki jaringan 2G,3G, bahkan didukung 4G long term evolution (LTE).

Memang sejak Optimus LTE sejak 2011, produk ponsel ini laris manis di pasaran. “Kurva penjualan Optimus Pro akan mencapai titik tertinggi dibanding smartphone lain yang dijual di Korea Selatan,” kata salah seorang petinggi di Divisi Pemasaran Handset LG, Ma Chang-Min.

Karenanya, LG mulai membuka peluang bisnis handset menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Menjawab kepentingan konsumer yang makin menggilai layar besar, maka Optimus G Pro disajikan lebih bertenaga dengan ukuran bentang layar lebih besar, 5,5 inci Full HD IPS.

Ada berbagai kelengkapan fitur terkini di dalamnya pada layar gambar beresolusi 1920 x 1080 piksel yang bisa menghasilkan resolusi linear sebesar 400 pixels per inci. Dengan kepadatan layarnya mencapai 440ppi maka resolusi serta tingkat kerapatan layar ini sama dengan yang dimiliki HTC Droid DNA atau HTC Butterfly.

Namun, jangan takut menonton video di ponsel ini. Sebab, baterai dengan kekuatan sebesar 3,140mAh memungkinkan pengguna menikmati tayangan Full HD selama berjam-jam. Smartphone Android terbaru ini menambatkan fitur dua buah kamera. Kamera utamanya berada di bagian belakang dengan kemampuan sensor 13 MP. Sedangkan, kamera 2.1MP berada di bagian depan. Kamera tersebut dapat digunakan untuk mengambil foto dan video dalam resolusi Full HD, kualitas yang sama yang ditemui pada TV dengan resolusi tinggi.

Kejutan lainnya adalah fitur Dual Recording dan Virtual Reality Panorama. Kedua fitur ini belum pernah ditemui pada ponsel pintar lainnya. Di mana, Dual Recording memungkinkan pengguna merekam video dengan menggunakan dua kamera sekaligus guna mendapatkan rekaman yang unik. Di sisi lain, Virtual Reality Panorama sebagai aplikasi yang menunjang pemakai mengambil gambar secara horizontal dan vertikal untuk menghasilkan foto dalam pandangan 360 derajat. LG Pro

Soal kinerja ponsel ini tak diragukan. Dapur pacu Optimus G Pro ini awalnya diperkirakan memakai chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro, toh LG memutuskan menggunakan chipset terbaru besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 600 quad-core dengan kecepatan 1,7GHz. Optimus Pro G merupakan ponsel pintar kedua yang juga akan dibekali prosesor canggih ini setelah HTC One.

“LG mengembangkan LG Optimus G Pro secara khusus untuk memberi kualitas gambar luar biasa ke dalam sebuah bentuk smartphone dengan layar lebar. Kami akan terus mengembangkan posisi kami di jajaran smartphone premium berbasis LTE dengan teknologi layar superior dan memberikan pengalaman penggunaan yang unik,” jelas Dr. Jong-seok Park, President dan CEO dari LG Electronics Mobile Communications Company.

Memang Qualcomm Snapdragon 600 menjadi otak canggih teranyar. Hasil pengujian pada benchmark HTC One mencengangkan, karena bisa mencetak 12.500 poin pada kuadran. Ini menjadi poin tertinggi yang pernah dicetak oleh perangkat Android. Google Nexus 4 sendiri yang dilengkapi chipset quad-core Snapdragon S4 Pro hanya mampu mencetak sekira 5.000 poin pada kuadran.

Sepertinya Chipset Qualcomm Snapdragon 600 memang didesain untuk menggantikan posisi Qualcomm Snapdragon S4 Pro. Qualcomm Snapdragon 600 berbasis basis Krait 300 ini diklaim memiliki kinerja 40% lebih cepat dibanding Qualcomm Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan maksimal hingga 1,9GHz.

Selain itu, Optimus G Pro dilengkapi memori RAM sebesar 2GB dan grafis dari Adreno 320. Tersedia slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Sisi konektivitasnya pun baik, sebab dilengkapi dilengkapi NFC, 4G LTE, WiFi, dan Bluetooth 4.0.

Secara ringkas, Optimus G Pro turut menawarkan pengalaman bagi pengguna dengan semboyan “Hidup Tanpa Batasan” (Living without Boundaries).  Sebagai permulaan LG menawarkan sebuah fitur yang disebut sebagai “Cross-Tasking”  yang memungkinkan smartphone ini mengerjakan pekerjaan-pekerjaan komplek secara bersamaan.

Bagaimana soal harga? Di Korea Selatan, smartphone ini dijual kepada operator di negara itu seperti SK Telecom, KT, dan LG Uplis dengan harga US$ 897 atau sekira Rp8,6 juta. Menariknya, bila membeli LG Optimus G dengan sistem pre-order, ada diskon khusus. Ada pula paket bundling LG Optimus G dengan Pocket Photo LG yakni perangkat printer mini  dengan harga Rp6,999,000. Sayang belum beredar informasi kapan ponsel ini dipasarkan secara global, termasuk ke Indonesia.

Spesifikasi LG Optimus G Pro: LG

•  Chipset: 1.7GHz Quad-Core Qualcomm® Snapdragon™ 600 Processor

•  RAM: 2GB DDR

•  Memory: 32GB / microSD (up to 32GB)

•  Display: 5.5-inch Full HD (1920 x 1080 pixels / 400ppi)

•  Camera: Rear 13.0MP with LED Flash / Front 2.1MP

•  OS: Android 4.1.2 Jelly Bean

•  Battery: 3,140mAh (removable / wireless charging capable)

•  Size: 150.2 x 76.1 x 9.4mm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s