Liga Bola Basket ASEAN, ABL dan Kebangkitan Juara Bertahan

Sukses menorehkan enam kali kemenangan berturut-turut membuat piala ABL makin di depan mata. Akankah gelar juara masih bertahan?

Yohannes Tobing dan Ranap Simanjuntak ABL IW 4

Musim keempat Liga Bola Basket ASEAN (ASEAN Basketball League/ABL) berlangsung panas. Kompetisi enam peserta negara Asia Tenggara ini masih menyisakan pertandingan yang menegangkan. Beruntung, tim Indonesia Warriors (IW) bisa gembira dengan raihan kemenangan keenamnya.

Tim asuhan John ABL IWTodd Purves sukses mempecundangi tuan rumah Chang Thailand Slammers dengan skor 90-74, di Gedung Basket Universitas Bangkok, Jumat (15/2/2013) malam. Ini berkat efektifnya lemparan tiga angka sehingga memantapkan  langkah IW berada di puncak klasemen.

Dalam empat kuarter, IW bisa mendominasi permainan. Di awal pertandingan, mereka langsung langsung menghabisi tuan rumah dan berhasil mengakhiri 10 menit awal dengan keunggulan 24-16. Pada kuarter kedua, IW sendiri makin kuat dengan memperjauh selisih keunggulan menjadi sembilan poin menjadi 44-35.

Kuarter selanjutnya, tuan rumah Slammers coba menusuk lewat beberapa sumbangan poin khususnya dari Charles dan Dawsom. Meski begitu, masih menyisakan selisih sembilan angka, dengan skor sementara 65-56.

Dan, pada kuarter keempat, masuknya sang raksasa Christian Ronaldo “Dodo” Sitepu yang beberapa kali menembakkan tiga angka engubah kedudukan menjadi 88-72 bagi keunggulan Warriors di sisa waktu 39 detik terakhir. Nilai lebih dua kesempatan lemparan bebas bagi Wuysang di sisa waktu 25 detik terakhir membuat tim tanah air melaju dengan skor akhir 90-74. Slammers sendiri tak berkutik karena hanya bisa menambah poin lewat Dawsom dengan dua kali tembakan bebasnya.

Pemain asing asal Amerika Serikat, Chris Daniels mencetak angka tertinggi teruntuk IW dengan menghasilkan double-double 22 poin dan 14 rebound di pertandingan ini. Mario Wuysang sendiri menambah dengan 16 poin.

Torehan rangkaian kemenangan ini sepertinya mengingatkan kompetisi tahun lalu. IW terseok di awal kompetisi bahkan sempat menjadi juru kunci. Namun, keadaan perlahan berbalik hingga berakhir final menghabisi juara bertahan musim 2010, Philippine Patriots.

Kali ini, IW didera dua kali kekalahan pada awal kompetisi. Di pertandingan perdana, setelah wakil Filipina Philippine Patriots mengundurkan diri, maka tim Filipina lainnya, San Miguel Beermen tandang ke Mahaka Stadium Kelapa Gading, Jakarta. Meski didukung publik sendiri, IW harus menelan pil pahit kekalahan dengan skor akhir 64-53. Kemudian, takluk lagi dari tim basket Vietnam, Saigon Heat 77-72. Padahal, di atas kertas, Saigon masih jauh di bawah IW. ABL IW 2

Sontak pelatih John Todd Purves bereaksi. Lelaki asal Abang Sam itu memacu adrenalin anak asuhannya dengan dukungan moral. “Mereka belum panas,” katanya. Hasilnya menggembirakan, kemenangan tipis 68-67 melawan wakil Malaysia KL Westports Dragon di pertandingan ketiga diraih. Berselang empat hari, meladeni klub Maysia Dragons di MABA Stadium, Kuala Lumpur, IW bisa menang 79-72 lewat pertarungan sengit.

Selanjutnya aksi balas dendam berjalan mulus. Meladeni tandang ke Ynares Arena Pasag City Filipina, pasukan merah putih bisa menang dramatis dengan hasil tipis 98-96. San Miguel Beermen memberi perlawanan sengit. Bahkan, saking serunya duel ini, maka di setiap kuarter harus melewati babak perpanjangan waktu karena selalu berakhir hasil seri.

Selanjutnya tim Jobstreet.com Singapura Slingers harus rela menelan kekalahan di hadapan pendukungnya sendiri. IW yang menggeliat menelanjangi tim asal Singapura itu dengan skor akhir 69-57. Dan, rangkaian lanjutan kemenangan kelima saat Slingers menyambangi Stadion Tenis Gelora Bung Karno Jakarta. Kekalahan tim Singapura kedua ini dengan skor telak, 61- 48. Sayangnya, IW sendiri harus kehilangan center John Thomas.

Purves sendiri sepertinya hafal dengan karakter para pemain. Komposisi pemain yang sebagain besar bermain pada ABL tahun lalu ini membuatnya mudah meracik pertahanan hingga menyerang. Hanya, top scorer tahun lalu, Evan Brock tak masuk skuad. Dirinya digantikan Christopher Vondrell Daniels yang apik bermain bersama Steven Demon Thomas. Kedua pemain asing asal AS ini sempat mencapai perolehan ‘double double’.

Ada pula duo Filipina yaitu Jerrick Uy Canada yang sempatmenjadi pencetak skor terbanyak dan pemain blasteran Stanley Pringle yang cedera di awal kompetisi. Purves sendiri masih berharap cemas atas pulihnya Pringle yang berperan sebagai point guard. “Kami masih menunggu Pringle. Walaupun kami menang terus, kami belum menemukan sosoknya,” Purves menegaskan. ABL IW 3

Sementara bintang lokal adalah Mario Wuysang yang berperan sebagai playmaker. Meski tubuhnya tidak terlalu tinggi, namun dia makin ahli soal free throw dan three point shoot. Dua nama lagi, Amin Prihantono serta lelaki jangkung setinggi 2 meter, “Dodo” Sitepu makin matang dalam permainannya.

Dengan raihan enam kali menang membuat sang pelatih memberi pujian. Purves mengungkapkan, timnya punya ikatan kuat. “Kondisi mental para pemain sungguh mengagumkan, kami tertinggal `double-digits` di hampir semua pertandingan, namun mereka terus berdiri tegap bahkan bangkit dan berupaya merebut hasil terbaik,” sebutnya.

Pertandingan selanjutnya akan berlangsung tiga pekan mendatang. IW bakal menjadi tuan rumah di Mahaka Square, Jakarta, 6 Maret mendatang menjamu Slammers. Keuntungannya, tim asal Thailand ini bisa didera kelelahan. Alasannya, mereka harus bertandang ke Westports Malaysia Dragons pada 23 Februari dan di awal Maret singgah di Vietnam melawan Saigon Heat. ABL IW 5

Hasil Sementara

Pos Team W L Pct +/- 
1 Indonesia Warriors 6 2 75 35
2 San Miguel Beermen 3 3 50 30
3 Jobstreet.com Singapore Slingers 3 3 50 -10
4 Saigon Heat 3 3 50 -37
5 Westports Malaysia Dragons 3 4 43 3
6 Chang Thailand Slammers 2 5 29 -21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s