Cara Gampang Mengobati Asam Urat

asam urat Sering merasa pegal dan nyeri pada persendian? Hati-hati atas gejala ini, bisa jadi Anda terkena asam urat. Penyakit ini sebagai jenis artritis yang cukup menyakitkan. Disebebkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.

Hampir sebagai besar alasan sakit ini berasal dari ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Kebanyakan diderita oleh laki-laki di atas untuk umur 40 tahun ke atas dan wanita setelah menopause.

Bila tak diobati dan dibiarkan, penyakit ini bisa melebar pada keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Penyakit asam urat juga bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal. Dan, faktanya, lebih dari separuh penderita asam urat merupakan orang gemuk.

Pantangan Asam Urat

Perubahan gaya hidup, konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Alkohol dan soft drink, melinjo dan emping, kacang-kacangan, jamur, ayam matang, sawi, daging kambing, jeroan dan gajih (lemak), kerang-kerangan, bebek atau kalkun, salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan es krim

Beberapa hal juga perlu diperhatikan. Misalnya jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya). Sebaiknya makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry. Makanan lainnya yang baik seperti sidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dan lainnya. Lalu, makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.

Tips Meramu Obat Asam Urat

Daun Kumis Kucing asam urat daun kumis kucing

Sediakan 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Daun Salam

Lalu, ada lagi obat Asam Urat Daun Salam (Eugenia polyanta). Bahan ini dikenal sebagai bumbu masak karena punya keharuman dan rasanya kelat dan bersifat astringent. Namun, di dalamnya ternyata terdapat senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid.

asam urat daun salam Sebagai pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat. Caranya, rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Daun Sirsak

asam urat daun sirsakAmbil daun yang sudah cukup tua hingga 8 lembar kemudian dicuci sampai bersih. Kemudian, potong menjadi beberapa bagian agar sari-sari pada daun tersebut bisa keluar. Campur dengan dua gelas air dan rebus hingga matang menjadi satu gelas saja. Barulah minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat sehari dua kali, pada pagi dan malam.

Atau bisa juga buah sirsak menjadi obat dengan menjadi jus. Sirsak dan manggis cukup ampuh menangkal membuang penumpukan pada persendian ini. Minum jus ini minimal sekali sehari atau maksimal dua kali sehari.

 

One thought on “Cara Gampang Mengobati Asam Urat

  1. I don’t even understand how I finished up here, however I believed this publish was once great.
    I do not recognise who you might be however certainly you are going to a well-known blogger should you aren’t already.
    Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s