Sony Xperia E, Android Jernih yang Murah Meriah

sonny xperia e Lagi-lagi Sony Mobile mengeluarkan produk Android. Smartphone kelas menengah ini punya kelebihan soal kejernihan suara dan dijual dalam dua varian.

Ranap Simanjuntak

Menyadari pangsa pasar kelas menengah ponsel begitu besar, Sony Mobile Communications Indonesia resmi meluncurkan varian teranyar Xperia bertitel E. Produk ini merupakan smartphone compact dengan harga kompetitif yang diciptakan bagi kemudahan.

Kehadiran ini makin memanaskan persaingan ponsel kelas mid-end. Dipercaya, Xperia E akan bertarung hebat dengan Galaxy S III mini di pasar Indonesia. Sebab, kedua ponsel ini punya banyak kesamaan. Di mana, Xperia E single SIM dan Samsung Galaxy S III Mini sama-sama mengusung sistem operasi Android. Di sisi lain, Xperia E bisa menandingi bentangan layar yang lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy S III Mini. Produk Sony ini bentang layarnya 3,5 inci HVGA dan resolusi 320 x 480 pixels. Sementara, Samsung Galaxy S III Mini memiliki bentang layar yang sama dengan iPhone 5, yakni 4 inci. sonny xperia e 2

Smartphone Android terbaru tersebut memiliki banyak fitur yang menarik dan tersedia dalam dua versi, single dan dual SIM card. Dimana, , Xperia E (single) menyematkan  Android 4.1 Jelly Bean, sementara teruntuk Xperia E (dual SIM) mengadopsi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, namun bisa upgrade menjadi 4.1 Jelly bean.

Selain itu, kedua jenis ini memiliki desain tampilan yang ergonomis. “Ponsel ini  sudah tersedia di pasar. “Untuk smartphone middle-end, Xperia E sangat baik,” ungkap Head of Channel and Brand Activation Sony Mobile Oky Gunawan. “Keduanya sangat terjangkau dengan kualitas dan fungsionnalitas yang identik dengan smartphone kelas atas,” tambahnya saat saat peluncuran Sony Xperia E di Jakarta, Kamis pekan lalu.

Lalu apa saja fitur menarik yang ditawarkan?  Andalan ponsel ini terletak pada kejernihan suara. Ada fitur  HD Voice dan noise cancellation yang dapat menyaring suara bising ketika sedang menelepon, sehingga kualitas suara dari percakapan pun menjadi bersih.

Selain itu, Xperia E dengan dimensi berukuran 113.5 x 61.8 x 11 mm dan berat 115.7 gram ini menggunakan teknologi layar sentuh dengan input sentuh multitouch up to 2 fingers. Ini bisa dikatakan sama dengan pendahulunya, Xperia Miro.

Kelebihan lainnya, soal didesain yang memungkinkan penggunanya bisa meminimalisir biaya dan penggunaan dayanya. Aplikasi penggunaan data yang tertanam di dalamnya memungkinkan untuk memonitor seberapa banyak data yang telah dihabiskan. Juga ada mode perpanjangan standby untuk meningkatkan daya siaganya hingga empat kali lipat.

Artinya, ketika layar selama beberapa menit berada dalam kondisi tidur, layanan Wi-Fi dan konektivitas data akan dimatikan secara otomatis dan sebagian aplikasi yang sedang berjalan pun di non-aktifkan, tanpa menggangu fungsi telepon dan pesan. Dan saat layar disentuh, semua fungsi akan kembali normal.

Seperti pula kebanyakan ponsel ciptaan Sony performa musik sesuai motonya, ‘Musikkan Hidupmu’ menjadi bagian terdepan. Aplikasi Walkman merupakan akses smartphone menuju jutaan lagu dari layanan streaming berbasis komputasi awan, Music Unlimited dari Sony Entertainment Network. Fitur 3D surround sound dan equalizer manual bisa mengoptimalkan kualitas suara, mendukung fitur musiknya yang diklaim mampu memutar musik hingga 30 jam. “Kami menciptakan Xperia E untuk para pecinta musik,” tambah Marketing Manager PT Sony Mobile Communications Indonesia, Ika Paramita.

Ika melanjutkan, Xperia memudahkan kepara penggila jejaring sosial dan pengguna mobile. “Dengan log-in dalam akun Xperia E Anda, Anda dapat langsung tersinkronisasi dengan berbagai akun jejaring sosial Anda berikut konten-konten yang ada di dalamnya maupun di Gallery Anda,” terangnya.

Soal kamera, dua jenis smartphone Xperia E didukung dengan kamera beresolusi 3.15 MP yang mampu menghasilkan foto/gambar berukuran 2048 x 1536 pixels dan dilengkapi pula dengan fitur Geo-tagging. Kamera tersebut juga bisa untuk merekam yang menghasilkan video VGA. Fitur PlayMemories Online bisa membuat pengguna menaruh semua foto favorit yang tersebar di jejaring sosial seperti Facebook. Pengguna bisa mengumpulkan semua foto dan video secara otomatis dari kamera ponsel ke PlayMemories Online.

Dengan dapur pacu diperkuat prosesor single core Qualcomm Snapdragon MSM7227A 1GHz, RAM 512MB, serta memori internal 4GB yang dapat ditambah menggunakan kartu microSD hingga 32GB maka kinerja prosesor 1 GHz bisa bekerja secara cepat sekaligus kuat. Pun koneksi internet makin menguat dengan dibekali GPRS, EDGE dan HSDPA dengan kecepatan 7.2 Mbps serta HSUPA 5.76 Mbps. Dua seri Xperia E ini dilengkapi konektivitas WiFi dengan dukungan DLNA sehingga mempermudah melihat konten seperti foto dan video melalui layar TV.

Hal paling menarik lainnya tentu soal harga yang terjangkau. Xperia E, Single SIM dibanderol dengan harga Rp. 1,799 juta. Sedangkan versi dual SIM hanya Rp. 1,899 juta. Xperia sendiri tersedia dalam tiga varian warna hitam, putih dan pink. sonny xperia e 3

Sony juga menjalin mitra dengan para operator, khususnya Telkomsel sebagai provider dengan paket bundling internet yang cepat dari Telkomsel Flash 1,2 GB per bulan selama tiga bulan hanya dengan biaya Rp50 ribu. “Kami mempersiapkan 70.000 kartu perdana Telkomsel untuk tiga bulan untuk Sony Xperia E ini,” pugkas Arief Pradetya, Head of Device Bundling and Customization Strategy Division Telkomsel.

Spesifikasi Xperia E:

Dimensi: 113.5 x 61.8 x 11.0 mm

Berat: 115.7 grams

Layar: TFT Capacitive touchscreen 3.5-inch, 262K warna, 320×480 pixels, multitouch 2 Finger.

Text input: On-screen QWERTY keyboard

Memori:

RAM 512 MB

Flash memory Up to 4 GB

Expansion slot microSD card, up to 32 GB

Kamera:

3.2 MP, AF, VGA front

Digital zoom 4x

Video recording: Yes (FWVGA)

Sensors: Accelerometer, Proximity.

Kecepatan download:

GSM GPRS Up to 86 kbps (download and upload)

GSM EDGE Up to 237 kbps (download and upload)

UMTS HSDPA cat 8 (download) Up to 7.2 Mbps.

Baterai: 1530 mAh. Talk time (GSM) Up to 6 hours 12 min

One thought on “Sony Xperia E, Android Jernih yang Murah Meriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s