BlackBerry Z10, Ponsel Canggih Bisa BBM Video

BB Z10 Berupaya bersaing dengan produsen ponsel lainnya, BlackBerry melakukan gebrakan. Kali ini menggunakan OS baru, ponsel Z10 bisa melakukan berbagai kemudahan seperti BBM lewat video

Ranap Simanjuntak

Research In Motion (RIM) yang berganti nama menjadi BlackBerry tampaknya akan kembali bertarung dalam pasar ponsel global. Produsen asal Kanada yang sempat kalah pamor dengan berbagai produk lain itu tampaknya sekuat tenaga mengejar ketinggalan.

BlackBerry Z10 merupakan salah satu produk teranyar yang mengadopsi sistem terbaru, BlackBerry 10.  Smartphone ini menjadi pangsa kelas premium, bersaing dengan Samsung Galaxy S III dan Apple iPhone 5 yang kni mendominasi pasar global.

Kehadiran BlackBerry Z10 bisa dikatakan menjadi smartphone terbaik besutan BlackBerry. Ada prombakan secara menyeluruh mulai dari desain, antar muka, hingga teknologi. Bayangkan saja ada 70.000 aplikasi pada platform aplikasinya seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Skype, Rdio, sampai Angry Birds. Ini bisa menyihir kalangan anak muda yang terus menggunakan aplikasi media sosial.

Z10 merupakan ponsel layar sentuh penuh pertama menggunakan sistem operasi BlackBerry 10. Bagian bayar sentuhnya berukuran 4,2 inci yang memiliki tingkat kerapatan sebesar 356 pixel per inci. Sedangkan besar resolusi yang mendukung adalah 1.280 x 768.

Demi mendukung kinerja, maka disematkan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8960 1,5 GHz dual-core dengan Graphic Processing Unit (GPU) Adreno 225. Dikombinasikan dengan RAM sebesar 2GB membuat kinerja ponsel ini cepat sekaligus canggih. Apalagi ukurannya terbilang ideal, yaitu 130 mm x 66 mm x 9,3 mm dengan bobot berat 138 gram.

Ada perangkat dengan dua kamera, satu di bagian depan dan satu di bagian belakang. Di bagian depan terdapat kamera sebesar 2 MP yang dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas 720p.Sedangkan kamera bagian belakang lebih canggih sebab kameranya 8 MP yang dilengkapi lampu LED Flash dan mampu merekam video 1080p.

Demi menjadikan segala kerja yang disimpan bisa terfokus, maka Z10 menggunakan media penyimpanan internal lumayan besar, 18GB. Kapasitas ini masih bisa ditambah menggunakan kartu microSD hingga 32GB. Lebih hebatnya, BlackBerry Z10 sudah mendukung jaringan 4G LTE. BB 10

Untuk mendukung kegiatan operasional perangkat ini, BlackBerry mempersenjatainya dengan baterai berkapasitas 1.800mAh yang bisa bertahan hingga 10 jam (talktime). Ada pula fitur micro HDMI untuk melakukan presentasi, dengan sensor NFC ( near field communications ) yang mendukung pembayaran tagihan dan pertukaran informasi langsung dari ponsel pintar Anda. Tak ketinggalan tambahan fitur Bluetooth 4.0, NFC, WiFi a/b/g/n, port micro USB, micro HDMI, dan jack 3.5mm untuk earphone maupun headphone.

Belum ada keterangan resmi yang menjabarkan soal harga. Namun kabar beredar ponsel ini akan dilepas pada kisaran Rp 7 juta per satu unit. Setelah peluncuran resmi akhir Januari lalu, Z10 kemudian dilelang pada situs internet eBay. Harga pembukaan dibanderol US$ 800 akan tetapi melonjak dengan cepat. Seorang pembeli berani memboyong Z10 dengan harga US$1.500 atau sekira Rp14,5 juta.

Di dalam negeri sendiri ponsel ini belum dipastikan akan masuk? Public Relation Manager BlackBerry Indonesia, Yolanda Nainggolan mengungkapkan, perangkat berbasis BlackBerry10 akan diluncurkan secepatnya pada triwulan pertama tahun ini. “Kami belum bisa mengeluarkan keterangan resmi soal tanggalnya. Yang pasti secepatnya,” Yola menuturkan.

Saat ini, pihak BlackBerry sendiri sudah menggelar pembicaraan dengan sejumlah operator sebagai mitranya soal jadwal peluncuran BlackBerry10. “Perangkatnya sendiri sudah lolos uji di Postel. Semuanya lancar. Jadi, tinggal seremoninya saja,” ungkapnya.

Sistem Canggih BB 10

          Mengapa Z10 menjadi incaran? Tak lain itu merupakan pengusungan operate system (OS) baru, yakni BlackBerry (BB)10. Perangkat ini setidaknya bisa memisahkan fungsi smartphone untuk bekerja dan keperluan pribadi. Aplikasi-aplikasi untuk bekerja pun bisa dibedakan. Sehingga, data pengguna dalam dua lingkungan ini terpisah dan saling diamankan.

Kecanggihan BB 10 dengan fitur terbaru dalam BlackBerry Messenger (BBM) yakni Video Chat dan Screen Share. Dengan begitu, BBM kini bisa bervideo ria. Begitu Anda terhubung dengan video chat, maka bersama teman, Anda bisa langsung berbagi gambar atau pun foto. Apa aja yang dibuka pada sistem BB 10 maka teman Anda juga bisa melihatnya. Bahkan bisa berbicara langsung pula.Sedangkan pada fitur screen share ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti berbagai dokumen tanpa harus repot-repot mengirimnya melalui email atau fasilitas lain.

Beberapa keunggulan lain penggunaan BB 10 misalnya BlackBerry Hub. Pada aplikasi ini semua yang terjadi untuk media social bisa terkumpul seperti Email, Twitter, Facebook, BBM dan lain dapat diakses melalui BlackBerry Hub. Misalnya mengecek akun Twitter dan membalas mention, penggunanya tidak perlu lagi membuka aplikasi Twitter karena semua bisa dilakukan dalam satu tempat di BlackBerry Hub. Hanya denganswipe di screen perangkat BlackBerry 10, penggunanya bisa mengakses semua notifikasi yang masuk ke dalam handset.

Lalu keberadaan fitur sosial membuat pengguna bisa meng-invite teman sesama pengguna Blackberry tanpa harus meminta PIN terlebih dahulu. Sebab, sudah disediakan aplikasi untuk mencari siapa saja nama pengguna atau no PIN orang lain yang menggunakan Blackberry.

Perangkat BlackBerry Z10 memiliki virtual keyboard yang tergolong cerdas. Fitur ini memiliki kemampuan memprediksi kata yang layak mendapatkan apresiasi.Belum lagi dengan aplikasi kamera bernama Timeshift yang bisa membuat kamera BB 10 bisa menangkap sejumlah scene dalam sekali jepret.

Dalam penggunaan sistem BB 10 ini, ada lagi Blackberry Q10 selain Z10. CEO BlackBerry Thorsten Heins menambahkan, pihaknya akan memberikan pengalaman berselancar internet yang cepat. “Pelanggan kami pakai BlackBerry, karyawan kami bekerja untuk Blackberry, dan pemegang saham memiliki BlackBerry. Mulai hari ini, kami adalah BlackBerry di manapun di dunia,” ujar Heins

Spesifikasi BlackBerry z10

Dispay            : 4,2 inci, four-point multitouch LCD display,

Resolusi        : 1280 x 768 pada 356 dpi

Prosesor        : Dual core 1.5 GHz

Battery            : Sampai 10 jam (talk time)

Kamera belakang: 8MP, autofocus, 5 kali digital zoom, dan 1080p HD video recording

Kamera depan: 2MP front-facing camera, 3x digital zoom, dan 720p HD video recording

Jaringan: Wi-Fi, 3G, dan 4G mobile hotspot

PerbandinganBalckBeryy Z10, Samsung Galaxy SIII, dan Apple iPhone 5

BB Perbandingan BB dgn lainnya

Selain itu perbandingan kinerja “browser” dapat dilihat dari yang dilakukan CEO BlackBerry Thorsten Heins. Disadur dari kompas.com dan Situs MobileBurn menguji kecepatan browser BlackBerry 10 di ponsel BlackBerry Z10, lalu membandingkannya dengan Safari di Apple iPhone 5, browser bawaan Android di Samsung Galaxy S III, dan Internet Explorer dalam Windows Phone 8 di ponsel Samsung Ativ Odyssey.

Uji coba pertama dilakukan dengan aplikasi alat ukur Browsermark yang populer digunakan untuk menguji kecepatan browser. Jika angka hasil pengujian lebih tinggi, maka kinerjanya lebih baik.

– Browser bawaan BlackBerry di BlackBerry Z10: 2.383
– Browser bawaan Android di Galaxy S III: 2.366
– Internet Explorer dalam Windows Phone di Ativ Odyssey: 1.780
– Safari dalam iOS di iPhone 5: 1.448

Perlu diketahui, kinerja browser dipengaruhi oleh komponen perangkat keras pada ponsel, terutama prosesor. BlackBerry Z10 didukung oleh prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon MSM8960 kecepatan 1,5GHz. Sementara Galaxy S III menggunakan quad-core Samsung Exynos 4412 kecepatan 1,4GHz.

Meski browser BlackBerry Z10 jadi yang tercepat, namun kinerjanya untuk menangani JavaScript tidak mumpuni. Ia mendapat nilai buruk dari aplikasi alat ukur SunSpider. Jika angka hasil pengujian lebih rendah, maka kinerjanya untuk JavaScript semakin baik.

– Safari dalam iOS di iPhone 5: 916,4ms
– Browser bawaan Android di Galaxy S III: 1.054,5ms
– Internet Explorer dalam Windows Phone di Ativ Odyssey: 1.506,4ms
– Browser bawaan BlackBerry di BlackBerry Z10: 1.963,4ms

Berbeda dengan browser di ponsel BlackBerry lawas, berselancar internet di BlackBerry Z10 terlihat mulus dan responsif. Anda bisa mencubit layar untuk melakukan zoom in dan zoom out.

Selain itu, ada pula pilihan modus Reader yang hanya menampilkan teks dan sedikit gambar untuk memuat halaman situs web. Modus Reader ini menggunakan teknologi kompresi yang mengirit penggunaan bandwidht internet.

One thought on “BlackBerry Z10, Ponsel Canggih Bisa BBM Video

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s