Sony Xperia Z Tablet Mini Tahan Air

sony x perria z Tablet satu ini terbilang unik karena tahan air dan debu.  Dengan desain super tipis, ponsel ini sendiri masuk Indonesia pada Maret mendatang. Kabarnya bakal booming.

Ranap Simanjuntak

Lagi-lagi persaingan komputer tablet kini soal ketipisan produk. Raksasa produsen perangkat teknologi asal Jepang, Sony Mobile Communications tak mau ketinggal. Pada dalam pameran Consumer Electronics Show 2013 di Las Vegas, AS awal januari lalu, pabrikan smartphone itu merilis seri terbaru Sony Xperia Z. Sony-Xperia-Z-gear-patrol-full

Xperia Tablet Z memiliki ukuran layar 10,1 inci dengan resolusi layar full-HD sebesar 1.920 x 1.200 pixel. Layar ini dibekali mesin Mobile Bravia Engine 2, sebuah teknologi yang biasa disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Dengan ukuran dimensi seluas 5 inci, maka tablet ini punya layar yang luas, Karenanya, pengguna tidak bisa meraih seluruh layar dengan satu ibu jari. Xperia Z harus terlebih dahulu digenggam dengan dua tangan lalu bernavigasi dengan dua ibu jari agar seluruh sudut layar bisa diraih.

Sementara Bobot Xperia Tablet Z hanya 495 gram dan tebal 6,9mm. Ia bahkan lebih tipis dari tablet Apple iPad Mini yang memiliki tebal 7,2mm. Sony Xperia Z diprediksi menjadi penantang tangguh tablet mini. Lawan setaranya seperti Samsung Galaxy S III, HTC One X+, dan LG Nexus 4 yang sudah duluan beredar di dalam negeri.

Sepertinya Sony mempersiapkan produk ini secara matang. Sebab besutannya itu punya performa yang tangguh. Betapa tidak? Prosesornya menggunakan Qualcomm MDM9215M / APQ8064, Quad-core dengan kecepatan 1.5 GHz Krait dengan unit pemrosesan grafis Adreno 320. Dengan dukungan RAM sebesar 2 GB maka kinerja ponsel ini makin lancar sekligus deras tatkala berselancara di dunia maya atau mengaplikasikan beragam fitur.

Konektivitas nirkabelbya pun mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot.  Semua itu menggunakan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Yang menjadi andalan adalah soal ketahanan. Memori internal yang tersedia di Xperia Z sebesar 32 GB dan baterai berkapasitas 2.330 mAh untuk menopang daya hidup ponsel ini dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Seperti halnya smartphone Xperia Z, pada belakang Xperia Tablet Z dipenuhi materi kaca anti-pecah dan anti-gores sehingga terlihat elegan. Sepintas ini mirip dengan Apple iPhone 4 dan 4S. Xperia Z sendiri mendapat sertifikat ketahanan IP55 dan IP57 sehingga bisa digunakan berbasah-basah alias tahan air. Tablet ini bisa masuk pada kedalaman air hingga 1 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit. Sebab, setiap port dan slot pada Xperia Z ditutup rapat menjadikannya aman dari air serta debu. Sony-Xperia-Z- tampak belakang

Sony terlihat jelas memosisikan produk ini sebagai produk premium dengan mengincar segmen pasar menengah ke atas. Kamera depannya bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED dapat memberi kualitas gambar cerah untuk video call.

Sedangkan kamera belakang 8,1MP mengadopsi sensor CMOS Exmor R untuk perangkat mobile. Sepertinya Sony membawa fitur kamera ini sebagai bagian penting, karena diklaim dapat mengangkat warna objek di tempat gelap dan mampu menangkal backlight. Ponsel ini mampu mengambil foto atau merekam video, baik siang maupun malam hari dan di dalam hingga luar ruangan. Sayangnya, kamera belakang ini tidak dibekali dengan lampu kilat LED.

Apalagi dengan memori internal yang mudah diperbesar lewat pemakaian kartu eksternal MicroSD. Xperia Tablet Z datang dengan dukungan teknologi nirkabel Near Field Communication (NFC) dan Long Term Evolution (LTE).

Secara tampilan desain Xperia Z cukup menarik. Penggunaan tombol power berwarna silver yang diletakkan di samping kanan itu diapit oleh tombol pengatur volume dan slot SIM card. Letak tombol power ini menjadi keunikan tersendiri bagi Xperia Z dan membuatnya berbeda dengan yang lain.

Berbarengan Dengan Xperia ZL

Sampai dengan saat ini, pihak Sony belum mengumumkan soal harga dan ketersediaan Xperia Z di Indonesia. Head of Marketing South East Asia Sony Mobile Ola Lilja Molen mengungkapkan, produk ini akan masuk Indonesia sekitar akhir Maret atau awal April 2013. “Ini tergantung kelancaran proses impor dan regulasi yang berlaku di Indonesia,” sebutnya.

Peluncuran perdana ke dalam negeri ini sepertinya akan berbarengan dengan Xperia ZL. Meski kedua ponsel android ini terbilang kembar akibat kesamaan spesifikasi komponen perangkat keras, namun ada beberapa perbedaan. Secara keseluruhan, Xperia Z lebih unggul dibandingkan Xperia ZL.

Alasannya, Xperia Z lebih tipis 0,09 inci dengan bobot 146 gram, sedangkan Xperia ZL 151 gram. Pada Xperia ZL, tidak tahan air dan debu karena diselimuti materi plastik agak cembung. Perbedaan lainnya, pada pilihan warna. Xperia Z akan tersedia dalam warna hitam, putih, dan ungu; sedangkan Xperia ZL hanya hitam dan putih.

Oleh sebab itu, Xperia Z dibanderol lebih mahal. Meskipun Xperia ZL punya kelebihan lain. Pertama, fitur infra merah/IrDA yang dapat mengubah fungsi Xperia ZL sebagai remote untuk mengontrol televisi, DVD player, dan perangkat elektronik lain yang mendukung infra merah.Kedua, baterai Xperia ZL dibuat lebih besar, yakni 2.370 mAH; dibandingkan Xperia Z yang berkapasitas 2.330 mAh. Dengan begitu, keduanya akan bersaing pada segmen yang berbeda.

Spesifikasi Sony Xperia Z

Tipe : CandyBar

Dimensi : 139 x 71 x 7.9 mm

Layar : 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches (~441 ppi pixel density)

Koneksi : GPRS, EDGE, HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.8 Mbps; LTE, Cat3, 50 Mbps UL, 100 Mbps DL, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0 (MHL) OS : Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)

Browser : HTML5

Warna layar : TFT capacitive touchscreen, 16M colors Warna Hp : Black, White, Purple Ringtone Tipe : MP3 ringtones

One thought on “Sony Xperia Z Tablet Mini Tahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s