Samsung Galaxy S III Mini, Ponsel Kecil yang Serba Canggih

samsung  Varian baru Samsung yang mungil ini punya keunggulan memadukan keinginan perasaan. Dengan mendaur Galaxy S III, ponsel kelas menengah yang diluncurkan pada 13 kota di Indonesia diprediksi bakal laku di pasar.

Ranap Simanjuntak

Mencoba menyamakan pasar dalam negeri dengan pasar Eropa,  Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan Samsung Galaxy S III Mini. Ponsel pintar berukuran kecil itu sepertinya bakal bersaing ketat dengan Apple Iphone 5.

Product Marketing Manager Mobile Division Samsung Electronics Indonesia Ega Praditya  mengungkapkan, Galaxy S III Mini memberikan fitur-fitur premium tapi dengan harga terjangkau.  Dibanderol seharga Rp3.499.000, handphone ringan ini diprediksi bakal laris manis.

“Kami melihat banyak pelanggan yang menginginkan Samsung Galaxy S III tapi terbentur dengan masalah harga karena itu Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S III Mini untuk menyasar pasar-pasar tersebut,” jelasnya.

Sebagai adik kandung dari Samsung Galaxy S III, kedua ponsel ini punya fitur sama. Hanya saja Samsung Galaxy S III Mini mengecilkan ukuran layar. Si Mini dilengkapi layar WVGA Super Amoled selebar 4 inci dilengkapi tambahan dengan kualitas High Definition (HD). Ada pengecilan 0,8 inci dari generasi pendahulunya tersebut.

Pada awal pemasaran tahun  lalu, produk ini dipasarkan pertama kali di Eropa yang booming dengan berukuran 4 inci. Samsung mencatat seri Galaxy SIII diklaim bisa laku 500 unit per menit di seluruh dunia. Rata-rata penjualannya per hari bisa terjual 190 ribu unit. Seri Galaxy S sendiri secara keseluruhan mampu terjual hingga 30 juta unit. Adalah piranti keras kelas atas ditambah inovasi baru yang masih jarang diadopsi smartphone lain membuat seri Galaxy S selalu laku di pasaran.

Samsung Galaxy SIII Mini Sementara kehadiran Galaxy S III Mini, bagi Ega lebih menyasar pada profesional muda. Sebab, aplikasinya dibuat tampil trendi dengan dukungan fitur yang lux. “Fitur-fitur ini kami rancang lebih manusiawi dan mengerti perasaan pengguna,” tambahnya.

Kecanggihan perasaan apa yang didapat dari ponsel keci itu? Mengambil foto objek yang bergerak bisa dilakukan ponsel ini. Fitur-fitur canggih Burst Shot memungkinkan pengguna mengambil objek gambar bergerak dengan cepat tanpa jeda. Dibantu fitur Best Photo, maka foto terbaik dari objek gambar yang telah diambil dari layar beresolusinya 480×800 pixel teknologi Super Amoled. Hasilnya cukup lumayan untuk ukuran handset kelas menengah.

Kamera Galaxy S III Mini sendiri memakai resolusi 5 megapixel dengan LED Flash. Dibantu kamera depan VGA, memori internal 8 GB, RAM 1 GB, slot microSD, baterai 1.500 mAh, bluetooth 4.0, maka ponsel ini bisa menyimpan ribuan foto dan bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Lalu, kepedulian soal beragamnya aktivitas manusia. Galaxy S III Mini dilengkapi sistem Pop-Up Play yang menjamin kelancaran Multi-Tasking. Bisa menonton video ketika mengecek email atau mengirim SMS. Artinya, mengurangi waktu selama menjalani rutinitas kerja. samsung-galaxy-siii-mini-p

Ada lagi sensor pada fitur Smart Stay. Ini berfungsi yang akan membaca kegiatan pengguna lewat tatapan mata. Bila pengguna sedang menatap ponsel pintar itu, maka Samsung Galaxy S3 Mini akan menyala secara otomatis. Sebaliknya bila ponsel dijauhkan dari pengguna maka akan mati secara otomatis pula.

Dengan tambahan fitur Direct Call maka penggguna dapat menerima panggilan telepon hanya dengan mendekatkan ponsel pintar ke telinga tanpa menyentuh tombol pada layar. Sangat memberi kenyaman atas singkatnya proses komunikasi dengan seseorang.

Bukan itu saja, fitur S Voice memungkinkan Anda mengontrol ponsel pintar hanya dengan suara. Pengguna bisa member perintah membuka kunci ponsel, melakukan panggilan, mengirim pesan, menulis memo, menggunakan aplikasi, mengambil gambar, mengatur musik dan menghidupkan WiFi lewat suara. Menakjubkan bukan?

Namun bila dibandingkan Galaxy S III, memang spesifikasi S III Mini tetao dipangkas pada beberapa bagian. Dari sisi prosesor contohnya, S III Mini menyandang dual core 1 GHz, sedangkan S III sudah quad core.

 

Meski begitu sistem operasi Android Jelly Bean di Galaxy S III Mini cukup  grafis yang super halus dan akses perpindahan data lebih cepat hingga 30-40 persen. Pada bagian body ponsel ini cukup ringan dengan bahannya dari plastik.

Galaxy SIII Mini juga dilengkapi fitur standar Android dari Samsung. Sebut saja GPS / A-GPS, web browser support HTML 5, push mail, pemutar audio video, radio FM dan banyak lainnya. Sedangkan untuk koneksi, terbilang lengkap mulai dari GSM HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth A2DP, ataupun microUSB dengan USB on the go.

Samsung Galaxy S III Mini yang tersedia dalam dua warna, Pebble Blue dan White Marble ini akan diedarkan pada 13 kota di Indonesia. Samsung sendiri melakukan kerja sama dengan Telkomsel, XL, dan Indosat menyediakan paket Galaxy S III Mini yang telah dilengkapi paket data 12 bulan.

Sepertinya si mungil ini memang disiapkan untuk bersaing dengan Apple Iphone 5 dan beberapa ponsel kelas menengah seperi LG Optimus L9, Motorola RAZR XT910 ataupun Sony Xperia P. Sayangnya, beragam keunggulan ponsel ini, Samsung seakan lupa untuk menyematkan tombol kamera terpisah di body ponsel ini. Dan, kekurangan lainnya dari Galaxy S III Mini adalah belum dilengkapinya teknologi jaringan 4G LTE. Handphone ini baru mendukung jaringan HSPA 900/1900/2100 dan EDGE 850/900/1800/1900.

Spesifikasi Samsung Galaxy S III Mini :

 

Processor Dual Core 1GHz
Camera 5MP AF + LED Flash / VGA Front
Video H.264, MPEG-4, H.263, VC-1,
SorensonSpark, WMV7, WMV8
Recording/ Playback : 720p
Audio MP3, AMR-NB, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, OGG(Vorbis), FLAC
Additional Game/Video/ Readers/Music Hub
Kies, KiesAir
Features FM Radio (RDS)
TouchWiz
Google™ Services Google Search, Google Maps, Gmail, Google Latitude,Google Play Store, Google Play Books, Google Play Movies, Google Plus, YouTube, Google Talk, Google Places, Google Navigation, Google Downloads
Conektifitas WiFi a/b/g/n, WiFi HT40
GPS/GLONASS
NFC
Bluetooth® 4.0(LE)
Sensor Accelerometer, Digital compass, Proximity, Gyro
Memory 8/16GB ROM+ 8Gb RAM, microSDup to 32GB
Ukuran 121.55 x 63 x 9.85 mm, 111.5 g
Battery 1,500 mAh

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s