Terios 7 Wonders, Jelajah Kopi Menuju Titik Mula Indonesia

7 wonder terios Lumuran debu serta tanah liat telah menemani perjalanan selama dua pekan tiga unit mobil Terios bercat putih. Petualangan melewati tujuh provinsi  dengan mengusung tema Sumatera Coffee Paradise itu menangguhkan kekuatan Terios baik automatic transmission (AT) maupun manual transmission (MT).

Ranap Simanjuntak

Pabrikan Daihatsu berhasil mengklaim produknya, Terios sebagai mobil unggul yang sanggup bertarung di medan pegunungan hingga perkotaan. Dengan mengirimkan 2 unit Terios TX-AT 1 unit Terios MT perjalanan dari ibukota hingga Sabang sebagai titik nol kilometer Indonesia berhasil sudah.

Ekspedisi Terios 7 Wonders melewati tujuh provinsi: Jakarta – Banten – Lampung – Bengkulu – Sumatera Barat – Sumatera Utara – dan Nangroe Aceh Darussalam ini diikuti sebanyak 10 orang personil. Menempuh 3.657 Km, ketiga mobil ini meraung-raung menelusuri jejak sentra produksi kopi di Sumatera pada Oktober lalu.

start from Jakarta

start from Jakarta

Tantangan sebenarnya dimulai tatkala tim menginjakkan pelabuhan Bakuheni, Lampung. Dari sini perjalanan ke Barat dimulai menuju Liwa. Melewati jalanan sempit beraspal, ketiga mobil yang membawa lumayan banyak itu tak menemui kesulitan. Hanya saat melewati kawasan Bukit Kemuning akibat banyaknya tikungan pendek atau tanjakan terjal membuat pengendara beberapa kali melakukan perpindahan transmisi, shifter matik Terios AT berpindah dari D-3 ke 2, sedangkan yang manual dari 4 turun menuju 3.

Sampai di Liwa inilah kesluruhan tim mulai menjajal rasa gurih dari kopi Luwak yang terkenal sampai penjuru dunia itu. Apalagi Liwa yang masuk wilayah pegunungan di Lampung Barat itu menjadi penghubung tiga provinsi sekaligus, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan. terios menjelajah

Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I 1.495cc Terios yang mampu mengeluarkan tenaga setara 109 tenaga kuda (109/6000 ps/rpm) mampu melewati tanjakan demi tanjakan. Kombinasi Electric Power Steering dan Comfort Suspension membuat mobil ini gesit dan lincah. Apalagi High Ground Clearance mampu mempermudah mobil tatkala mengarungi jalanan berbatu-batu dan jalanan berlubang.

Menuju Lahat dari Danau Ranau, jalanan juga menantang melewati jalan terjal dan berkelok. Di kota yang berusia 130 tahun itu tim disambut bupati Lahat  H Saifudin Aswari Riva’i. Kemudian, mereka melanjutkan perjalanan menuju kota Pagaralam, yang juga masih dibarengi tanjakan terjal karena letaknya sekitar 1.000 mdpl (meter di atas permukaan laut). Tim beristirahat di kaki gunung Dempo.

Petualangan belum terhenti, menuju kota penghasil kopi berikutnya, kota Empat Lawang driver kudu hati-hati karena jalanan sepi dengan pemandangan hutan di kanan dan kirinya. Sementara jurang juga banyak ditemui.

Sampailah rombongan di desa Talmng Padang dan bergerak menuju ke Curup sebagai salah satu sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu. Pada etape ini, kalanan berkelok-kelok naik dan turun membuat ketiga Terios itu seraya menari.

Mesin  Terios cukup handal. Beberapa kali Terios kejeblos di lubang jalan, tapi bisa keluar dari masalah itu dengan mudah. Akselerasi di tanjakan maupun menyalip kendaraan, baik yang memakai girboks matik maupun manual tetap terasa bertenaga

Dari Bengkulu perjalanan lanjut ke Bukittinggi melewati Muko-Muko di Padang. Pada trek ini panoramanya berubah drastic dengan aura pantai yang menyengat. Meskipun tikungan terjal terus hadir, tim tak takluk ditelan perjalanan tanpa henti selama selama 18 jam.

menhelajah 7 provinsi, 7 kopi, dan 7 kehebatan Terios

menhelajah 7 provinsi, 7 kopi, dan 7 kehebatan Terios

Setelah istirahat, ketiga mobil itu meraung-raung menuju sentra produksi di Madailing Natal yang berlanjut hingga kota Medan. Jalannya terbilang labil, karena kadang mulus, kadang pula rusak parah. Namun Terios masih melaju, bahkan dipaksa off-road juga handal.

Dari ibukota Sumatera Utara giliran masuk etape terakhir yakni Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Perjalanannya menuju Langsa kemudian Takengon dan berakhir di ujung Pulau Weh, Sabang sebagai nol kilometer-nya Indonesia.

Sejauh itu, Terios 7 Wonders telah mengeksplorasi 7 tempat penghasil kopi di Pulau Sumatera. Ketujuh tempat tersebut adalah Liwa, Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Curup –Kepahiang, Mandailing Natal dan Takengon. Bisa dibilang penjelajahan dari Kopi Luwak sampai Kopi Gayo.

Secara singkat kopi Liwa, Lahat dan beberapa tempat nyaris sama. Perbedaan besar adalah cara me-roaster biji kopi. Walaupun di Pagaralam – drum untuk me-roaster biji kopi sama dengan yang di Lahat tetapi untuk memutarnya sudah menggunakan mesin. Sementara untuk proses penggilingannya sama yaitu memakai 2 mesin. Pertama biji kopi dihaluskan jadi butiran kasar. Kemudian dipindah ke mesin satunya untuk dibuat makin lembut.

Tim Terios 7 Wonders yang menjelasah 7 Coffe Sumatera juga melakukan aktifitas corporate social responsibility (CSR). Saat di Bengkulu CSR Daihatsi memberikan bantuan buat lima Posyandu dan beberapa UKM yang dipusatkan di main dealer Daihatsu. Dan, di Banda Aceh, tim juga memberikan 3 ekor sapi pada panitia kurban di Masjid Raya.

Keberhasillan penjelajahan 7 provinsi mencari 7 sentra produksi kopi ini membuat Daihatsu mengikrarkan 7 keajaiban Yang dimaksud kejaiban itu, pertama, The Only 7 Seater SUV. Artinya mobil ini menjadi satu-satu nya mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang menyediakan7 tempat duduk. Sehingga menjadi mobil keluarga yang cocok.

Kedua, dengan perlengkapan system pengoperasian audio yang ada pada stir kemudi, yang memudahkan semua penumpang menikmati hiburannya. Daihatsu menggulirkan easy access entertainment.

Ketiga, ungkapan tough style, dengan penampilan yang gagah, Keempat, city cruiser, high ground clearance. Artinya pengendara Terios akan tetap merasa nyaman walaupun jalan yang dilalui tidak rata dan bergelombang.

Kelima, easy handling. Ini karena perlengkapan teknologi Electric Power Steering yang membuat bisa menyimpan energy dalam mengemudikannya. Keenam, optimal comfort suspension. Keunggulan ini membuat pengemudi juga merasa nyaman. Ketujuh, excellent strength. Terios didaulat tangguh dalam perjalanan jauh.

foto-Foto (dari berbagai sumber) :

tampilan eksterior Terios

terios

Terrios 7 Wonders

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s