Melihat Kereta Bawah Tanah (Subway) di Beberapa Negara

subway Paris-metro

subway Paris-metro

Pertumbuhan dan pesatnya mobilisasi massa membuat sejumlah negara mengadopsi subway sebagai sarana transportasi utama. Namun, banyak yang sukses mengadopsi kecanggihan teknologi berbaur kenyaman dan kepdatan.

Ranap Simanjuntak

Kasak kusuk wacana pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) negeri ini seperti kereta subway (bawah tanah) tampaknya menjadi cermin buram buram penataan transportasi publik. Pasalnya, di beberapa negara maju sistem ini sudah diadopsi ratusan tahun lalu, dengan manajeman dan penataan yang rapi sekaligus canggih.

Subway - new yorkcity

Subway – new yorkcity

Menilik beberapa negara yang punya cerita sukses menerapkan sistem MRT terbaik di dunia menurut analisis harian Sidney Morning Herald meliputi beberapa negara. Selain, Inggris sebagai negara tertua beberapa negara lain punya kekhasan masing-masing.

Dari negeri Abang Sam, The New York City Subway menjadi sistem transportasi publik paling lengkap di seluruh dunia. Tatakala berdiri pada Oktober 1904 saat itu hanya ada 28 stasiun. Namun, kini pertambahannya menjamur hingga 462 stasiun dengan catatan membawa hingga 5 juta orang tiap harinya.

Hebatnya, The New York City Subway yang mencakup Brooklyn, Manhattan, dan Queensbekerja bekerja selama 24 jam. Hanya dua kali saja, tempat ini ditutup, yakni ketika Badai Sandy dan badai Irene melanda negeri tersebut.

Masih dari benua Amerika, ada subway Subway di Mexico City yang sudah beroperasi sejak 1969. Dalam setahun orang lalu lalang menaikinya mencapai 1,5 miliar orang. Di sini, nuansa sejarah-sejarah kuno amat kental. Stasiunnya dihiasi pictographs, artefak, dan peninggalan suku Maya. Dan, tiap gerbong disuguhi musik non-stop dari nada-nada indah mulai dari Bibaldi hingga legenda Meksiko, Ruben Fuentes. Yang paling istimewa, tiketnya amatlah murah, yakni mencapai 3 peso (setara dengan

Di Argentina sendiri kereta bawah tanah Buenos Aires genap berumur 100 tahun tahun ini. Memakai nama dongeng, yakni Subte by Portenos pemakai moda transportasi ini juga tumpah ruah sehingga rawan pencopetan. Sementara di ibukota Brasil, Rio De Jenario ada subway 2 lintasan yang mulai beroperasi sejak 1979. Kini, negara itu lagi getol memperpanjang jalurnya dalam rangka menyambut Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Melongok ke Eropa, Perancis merupakan pelopor kereta api dunia yang dibangun sejak 1900. Angkutan cepat Paris (Métro de Paris) merupakan sebuah sistem angkutan cepat mencakup 16 jalur, kebanyakan di bawah tanah, dengan total panjang rutenya 213 km (133 mil), dilayani oleh 298 stasiun (382 perhentian). Jalur ini ditandai dengan nomordari 1 hingga 14 sebagai salah satu simbol Paris pada stasiun Art Nouveau dengan pintu masuk intu masuk bertuliskan ‘metropolitain’.

Lebih dari 4,5 juta orang tiap menggunakan keseluruhan jasa kereta bawah tanah dengan keseluruhan  panjang rel yaitu lebih dari 133,7 kilometer. Sementara di stasiun Gare du Nord Paris sebagai stasiun paling sibuk di Eropa karena mampu mengantarkan 180 juta penumpang tiap tahunnya. Stasiun yang dibuka pada 1846 ini berdasarkan jumlah peron duduk di peringkat kedua terbesar dunia dengan total 44 peron.

Berpindah sedikit ke Swedia di ibukotanya, Stockholm yang terbagi 14 pulau ini kereta bawah tanah menjadi alternatif transportasi massa. Hampir 100 stasiun bawah tanah dibuat dari hasil memotong batuan, dengan dinding. Kaca, grafiti dan krom menghiasi banyak subwaynya. dan langit-langit dicat dengan warna pelangi dan desain yang menarik. Semuanya itu diisi dengan seni yang merupakan hasil karya dari 140 artis sehingga stasiun ini menjadi galeri seni terpanjang di dunia.

Ada pula subway tersibuk di Eropa yaitu di Moskow dengan mengangkut hampir 2,5 miliar penumpang per tahun secara rata-rata, dilengkapi dengan stasiun kereta yang indah. Seperti misalnya Unveiled, Komsomolskaya dilengkapi dengan hiasan indah, nuansa arsitektural yang biasanya diperuntukkan untuk sebuah istana dan teater. Dan, sistem transportasinya terkoneksi dengan baik hingga memberikan layanan ke Siberia, St Petersburg, Tallin dan Helsinki.

Selanjutnya Beijing ibukota Cina, subway di Nanjing, Chengdu dan Shenzhen disulap menjadi kota yang telah memiliki jaringan subway terkoneksi. Tercatat, Beijing sebagai kota dengan jaringan subway terpanjang di dunia dengan memiliki lintasan hingga 442 km.

Kereta teranyar di Beijing sangat cepat dan mantap dilengkapi dengan layar yang dibuat untuk iklan. Ada pencantuman pengumuman dalam 2 bahasa, yakni Mandarin dan Inggris. Toh tiketnya tetap saja amat murah yaitu 2 yuan atau sekitar 31 sen saja.

Tak kalah adalah sistem perkeretaapian bawah tanah di Tokyo tercatat sebagai jalur terpadat di dunia dalam hal jumlah penumpang. Ada pergerakan sekitar 2,8 miliar orang per tahun atau 7,7 juta orang per hari ke 282 stasiun. Selain kereta bawah tanah, sistem transit Tokyo terdiri dari Arakawa Toden rail dan Ueno Zoo Monorail. Sangat bersih ditambah dengan kedisplinan masyrakatnya untuk merawat lingkungan dan punya budaya antre yang kuat.

Beikut Kereta Api Tercepat Di Dunia :

1. HSL 1 – Belga : Kecepatan maksimum adalah sekitar 186 mph (mil per hour) dan ini didukung oleh 25 kV 50 Hz Ohle sistem kereta api elektrifikasi. Kereta api ini digunakan di Belgia sejak Desember 1997. kereta tercepat- HSL 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. ETR-500, Italia : ETR singkatan Elettero Treno Rapido dan sudah ada di Italia sejak tahun 1993. Kecepatan tertinggi dicapai adalah sekitar 190 mph. ini didukung oleh 3 kV DC, 25 kV 50 Hz AC dan ETR-500.

ETR-500, Italia

3. Eurostar, Inggris : Eurostar membawa sekitar 900 penumpang setiap hari dan beroperasi di Inggris. Menghubungkan Inggris dan Perancis dan bergerak di dalam terowongan yang  panjang. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai dengan kereta api ini adalah sekitar 199 mph. itu didukung oleh 25 kV 50 Hz. kereta tercepat - Eurosta

 

 

 

 

 

4. AVE Talgo 350, Spanyol : Kereta api tercepat milik Spanyol ini memiliki sistem 25 kV 50 Hz sistem elektrifikasi. Kecepatan tertinggi adalah 205 mph.

kereta tercepat - AVE Talgo 350r

 

 

 

 

 

 

 

 

5. THSR 700T, Taiwan : Keret api tercepat milik Taiwan ini menyentuh kecepatan tertinggi 208mph. Ini memiliki kapasitas 989 penumpang dan memanfaatkan kekuatan 25 kV/60 sistem AC Hz elektrifikasi. kereta tercepat - THSR 700T

 

 

 

 

 

 

interior THSR 700T

interior THSR 700T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s