LG Nexus 4, Android Pintar Besutan Google

nexus 4 Smartphone cantik dengan beragama fitur menarik ini diprediksi bakal digandrungi. Perpaduan teknologi google berbaur perangkat LG dalam Nexus 4 makin memudahkan aktifitas. Sejauh ini, respon pasar membludak

Ranap Simanjuntak

Untuk kali pertama, google melakukan kolaborasi dengan pabrikan elektronik asal Korea Selatan,  LG. Dua perusahaan raksasasa ini meretas telepon genggam bernama Nexus 4 yang kini baru saja menjajaki pasar dalam negeri.

Sebagai representasi racikan desain dan perangkat keras inovatif LG dengan sistem operasi Android terbaru, maka Nexus 4 membawa penggunanya menjelajah bersama Google. Produk ini menggunakan sistem operasi Android 4.2.dan dilengkapi OS terbaru yang memiliki kode nama Jelly Bean.

Di luar negeri, ada dua kapasitas Nexus 4 yang dijual, yakni 8GB dan 16GB. Versi unlocked atau tidak terikat kontrak dengan operator Nexus 4 8GB yang harganya  dibanderol US$ 299, sedangkan versi 16GB akan dijual dengan harga US$ 349. Namun, produk ini hanya mendukung koneksi GSM/HSPA+. Atau, belum menggunakan perangkat koneksi super cepat, 4G.

Jong-seok Park, President & CEO LG Electronics Mobile Communications mengungkapkan, Nexus 4 siap memuaskan konsumen dengan paduan sempurna dan seimbang antara bangun desain, fungsi dengan sistem operasi generasi terbaru Android. “LG sangat bangga dan bersemangat berperan dalam pembuatan smartphone Nexus terbaru,” ungkapnya.

Smartphone ini menggunakan desain dari smartphone LG Optimus G. Nexus 4 dipersenjatai layar berukuran 4,7 inci WXGA True HD IPS Plus dengan resolusi 1280 x 768. Yang menjadi kelebihan android ini adalah  kamera 8MP dengan fitur spesial Photo Sphere. Di mana, pemilik bisa mengabadikan gambar setiap detail di sekitarnya hingga 360 derajat.

Caranya, lewat mode pengambilan gambar yang dapat dilakukan ke segala arah. Kemudian foto tersebut digabungkan menjadi satu gambar utuh, sehingga pengguna mendapatkan karya foto luar biasa. Tak perlu khawatir memotret secara banyak. Sebab, setiap hasil foto akan otomatis terunggah melalui fitur Instant Upload. Jadi, pengguna tak perlu khawatir akan kehilangan foto.

Nexus 4 dapat dinikmati dengan detail warna natural, jelas dan tajam yang dihasilkan panel True HD IPS Plus dukungan resolusi sebesar 1280x768p dalam layar seluas 4.7 inchi. Hal ini membuat kreasi istimewa saat menyentuh layarnya,  sebab LG menyematkan teknologi terkini layar berjuluk Zerogap Touch.

Teknologi tersebut dapat memangkas jarak antara panel dengan lapisan pelindung layar ini membuat pengguna akan merasakan sensasi selayak menyentuh langsung. Setiap pixel juga terasa tajam karena layar ponsel ini memiliki kepadatan 320ppi (pixels per inch). Belum habis, pada tepi kaca desainnya melengkung lembut menyatu dengan badan Nexus 4 yang membuat usapan jari dapat meluncur mulus pada layar anti gores Corning® Gorilla® Glass 2.

Di samping itu, kecepatan menjadi bagian penting. Prosesor canggih Snapdragon S4 Pro besutan Qualcomm selama ini memang punya keunggulan dalam kecepatan dan efisiensi daya. Aktivitas berselancar di dunia maya, menikmati kekayaan konten grafis 3D, bermain games, sampai perpindahan antar aplikasi dapat berjalan mulus. Dengan dukungan RAM sebesar 2GB dan sistem operasi Android maka kinerjanya menjadi generasi Nexus tercepat hingga saat ini. nexus 4 digenggam

Senior Vice President & Digital Content Google, Andy Rubin, menambahkan, kerja sama Google dengan LG ini melewati proses saling melengkapi. “LG menginvestasikan banyak orang berbakat dalam proyek ini. Hasilnya, sebuah perangkat kaya fitur yang tepat bagi Anda,” ujarnya.

Google sendiri menyelipkan fitur yang member kemudahaan informasi. Aplikasi Google Now misalnya yang ditanam pada perangkat lunak Android ini menyajikan aplikasi built-in. Berbagai agenda acara dapat disimpan dengan pengingat. Lalu, ada pilihan informasi penerbangan mendatang, reservasi restoran bahkan sampai konfirmasi hotel dengan tinggal klik.

Soal harga sendiri, ada harga spesial termurah hingga diskon pengurangan harga sebesar Rp 750.000.  Namun promosi ini hanya berlaku bagi konsumen yang melakukan pre-order di tempat acara dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Sayangnya, promosi ini sudah ludes diborong.

LG Indonesia telah membuka penjualan perdana ponsel pintar Android Nexus 4 di pusat perbelanjaan Grand Indonesia Jakarta, Sabtu pekan lalu. Menkjubkannya, sehari saja, ponsel ini ludes terjual 1.000 unit. Padahal, sepekan sebelumnya, sudah pra-pemesanan Nexus 4 lewat beberapa situs jual beli online yang juga mampu menjual 1.000 unit.

Di Indonesia, Nexus 4 di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 5.499.000. “Di hari penjualan perdana ini, 1.000 unit LG Nexus 4 diberikan ke konsumen yang telah melakukan pre-order online,” kata Vania Fransisca, Head of Marketing Communication LG Indonesia.

Dirinya menyatakan terkejut atas amino masyrakat yang cukup besar tersebut. “Kami sangat senang dengan begitu besarnya respon positif masyarakat Indonesia yang telah menanti kombinasi sempurna antara sebuah perangkat inovatif berdesain menawan dan generasi terkini Android,” tambahnya.

Namun, sejatinya LG Nexus 4 ini tak mudah menghadapi persaingan di pasar ponsel tanah air saat ini. Terutama dengan hadirnya smartphone canggih lainnya seperti Galaxy S III dan iPhone 5. Konsumen masih bingung dijejali pilihan beraneka ragam dan pilihan kelebihannya masing-masing.

LG-Nexus-4

 

 

Spesifikasi Nexus 4

Chipset                : Qualcomm SnapdragonaS4 Pro processor with 1.5GHz Quad-Core Krait CPUs

Sistem Operasi  : Android 4.2, Jelly Bean

Jaringan              : 3G (WCDMA), HSPA+

Tampilan             : 4.7-inch WXGA True HD IPS Plus (1280 x 768 pixels)Â

Memory               : 16GB

RAM                    : 2GB

Kamera               : 8.0MP rear / 1.3MP HD front

Batere                 : 2.100 mAh Li-Polymer (embedded) / Waktu bicara: 15,3 jam / Standby : 390 jam

Ukuran                : 133,9 x 68,7 x 9.1 mm

Berat                    : 139 g

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s