Pakistan,

Angin Segar untuk Taliban

Guna mendukung upaya damai, Pemerintah Pakistan membebaskan tahanan Taliban Afganistan. Sementara Pakistan masih mengembangkan pesawat tanpa awak. 

Mullah Baradar dari penjara

Ranap Simanjuntak

Mullah Baradar dan Anwar ul-Haq Mujahid mengurai senyum puas. Dua petinggi kelompok Taliban Afganistan ini menghirup udara bebas setelah dilepaskan dari tahanan oleh Pemerintah Pakistan.

Mullah Baradar merupakan Pemimpin Taliban Afganistan yang menjadi petinggi nomor dua Mullah Omar. Sementara Anwar ul-Haq Mujahid adalah komandan senior Taliban. Kedua orang ini merupakan bagian dari 13 anggota Taliban yang ditahan Pakistan dan dibebaskan hingga pekan ini.

Pembebasan itu merupakan hasil kesepakatan pekan lalu. Pakistan menyetujui pembebasan beberapa tahanan Taliban Afganistan sebagai upaya rekonsiliasi negara itu dengan anggota Dewan Tinggi Perdamaian Afganistan. Sebelumnya, tercapai kesepakatan atas pertemuan Ketua Dewan Perdamaian, Salahuddin Rabbani dengan jajaran pemimpin Pakistan, yakni Presiden Asif Ali Zardari, Perdana Menteri Raja Pervez Ashraf, dan Panglima Militer Jenderal Ashfaq Parvez Kayani.

Jumat (16/11/2012), Pakistan setidaknya sudah membebaskan sembilan pemimpin terkemuka kelompok radikal Islam, Taliban. Putra dari pejuang Yunus Khalis (komandan Afganistan saat berperang melawan Uni Soviet di era 1980-an) merupakan salah satu tahanan yang dibebaskan. “Kami telah menerima janji dari Pemerintah Pakistan bahwa dalam waktu dekat, tiga pemimpin Taliban akan dibebaskan,” ungkap Salahuddin Rabbani.

“Para tahanan yang dibebaskan ini tak akan diserahkan ke Pemerintah Afganistan. Kami akan menjamin keamanan mereka dan mereka bisa pergi ke mana saja atau hidup bersama dengan keluarga,” Rabbani menambahkan.

Namun, seperti diberitakan Reuters, pembebasan pemimpin bernama panjang Mullah Abdul Ghani Baradar ini bisa jadi kunci untuk mencapai perdamaian karena dia masih disegani di kalangan Taliban. “Meskipun kami tidak terlalu yakin apakah mereka dapat memainkan peran penting dalam perundingan perdamaian, ini merupakan isyarat positif dari Pakistan dalam membantu upaya perdamaian,” kata seorang pejabat Afganistan tersebut.

Selain itu, rencana pembebasan Menteri Kehakiman Taliban, Mullah Turabi, juga bakal membawa angin segar perdamaian dua negara tetangga itu. Tahanan lain yang dibebaskan adalah dua pejabat intelijen. Di kalangan Pemerintah Afganistan sendiri yakin kalau perdamaian dengan Taliban adalah cara terbaik untuk mencapai stabilitas di negara itu pasca-ditarik mundurnya seluruh pasukan NATO pada 2014 mendatang.

Afganistan memang sudah lama mengupayakan akses ke para tahanan itu untuk membantu proses perdamaian yang terhenti tersebut. Dukungan dari Pakistan, yang mendukung rezim Taliban pada akhir 1990-an, dianggap penting sebagai upaya rekonsiliasi Afganistan.

Sementara pihak Taliban Afganistan dalam pernyataan Jumat pekan lalu bersikeras menuntut Pakistan untuk membebaskan para tahanan lainnya. Pembebasan itu, menurut mereka, pasti akan meningkatkan kepercayaan antara kedua negara bertetangga itu dan rakyat mereka. Pihak Taliban sendiri beranggapan anggotanya masuk Pakistan bukan untuk melakukan peperangan atau teror, melainkan mereka berkelit bahwa pejuang garis keras itu hanya menjalankan misi medis atau alasan manusiawi lainnya saat masuk ke area Pakistan. “Tidak pernah melakukan tindakan yang dapat dikenakan hukuman dan pemenjaraan atau mencelakakan rakyat dan Pemerintah Pakistan,” sebut pernyataan itu.

Presiden Pakistan sendiri berjanji untuk mendukung usaha perdamaian Afganistan karena berdampak bagi kestabilan dan kesejahteraan Pakistan. Di satu sisi, Islamabad secara rahasia tengah mengembangkan pesawat-pesawat tak berawak yang dipersenjatai. Selama ini, pesawat nirawak itu menyerang kelompok-kelompok militan Taliban dan Al-Qaida di wilayah kesukuan terpencil di Pakistan, yang berbatasan dengan Afganistan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s