Pertambangan, Monster yang Mengancam Masa Depan

Oleh : Ranap Simanjuntak

ancaman limbah membuat habitat di air mati

Pertambangan nyatanya meninggalkan jejak menyakitkan. Pengerukan keuntungan besar tak diimbangi dengan aksi perlindungan asset di masa mendatang. Buktinya, kekayaan pertambangan Indonesia tak mencapai 10 persen dunia, namun sumbangan dari pengerukan pertambangan negeri ini bisa lebih dari 10 persen. Di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat atau Inggris banyak kekayaan alam yang dipertahankan tidak untuk diekspolitasi karena mereka menganggap akan menggunakannya ketika dunia ini akan diancam minimnya kekayaan hasil tambang.

 

Negeri ini tidak bisa merinci berapa besar prosentase kebutuhan dalam negeri dalam memberi supply dari hasil tambang. Lebih menyakitkan, pertambangan di Indonesia menggunakan teknologi yang paling buruk. Akibatnya, ancaman limbah serta perusakan lingkungan makin mengerikan. Parahnya, sektor ini terlindungi oleh kekuasaan, alasan harga pasar dan intervensi dari luar negeri.

 

Berikut ini ada kajian mengenai korupsi pertambangan di Indonesia dan pelanggaran yang dilakukan banyak pihak dalam bidang tambang. Kajian ini merupakan hasil kerja dari sebuah LSM bernama Jaringan Advokasi Tambang (JATAM). Simak di bawah ini.

Korupsi Tambang di Indonesia

Parahnya pengusaha tambang menjadi anak emas. Berbagai kemewahan mereka dapatkan seperti mudahnya perijinan, konsesi yang luas, kemudahan alih fungsi Khawasan, dan lain sebagainya. Ini tentu mengkhawatirkan dan akan merugikan rakyat dalam jangka waktu panjang. Apalagi para pengusaha tambang ketika digugat seperti kebal hokum. Untuk lebih lanjut silahkan klik kajian di bawah ini:

Pelanggaran Pertambangan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s